Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

BANK MANDIRI BANK TERBAIK DI INDONESIA

Artikel ini akan melihat bagaimana sejarah dan prestasi Bank Mandiri, sehingga Bank Mandiri menjadi bank terbaik di Indonesia. Bank Mandiri dibentuk pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi Pemerintah di Indonesia bank. Pada bulan Juli 1999, empat bank BUMN – Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia – digabung menjadi Bank Mandiri. Wikipedia mencatat sejak tahun 1998, Bank Mandiri tujuh (7) kali berganti slogan. Hal tersebut mencirikan adanya suatu proses perkembangan yang semakin hari semakin baik.

 

Slogan Bank Mandiri

1998-2002 : Bank Terpercaya Pilihan Anda

2003-2004 : Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank

2005-2007 : Melayani Dengan Hati, Menuju Yang Terbaik

2008-sekarang : Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda

2009-2010 : Menembus Batas Keinginan

2010-2012 : Menjawab Setiap Keinginan

2012-sekarang : Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja

 

Proses Tranformasi Bank Mandiri menjadi Bank Terbaik di Indonesia

Menurut situs resmi Bank Mandiri, saat ini Bank Mandiri memulai tahap kedua dari proses transformasi untuk periode 2010-2014, dengan visi “Menjadi paling dikagumi dan lembaga keuangan yang progresif di Indonesia.”

Berdasarkan visi ini, pada tahun 2014 Bank Mandiri bermaksud untuk mencapai kapitalisasi pasar Rp 225 triliun, pendapatan pangsa pasar dari 16%, dengan ROA sekitar 2,5%, dan ROE sekitar 25%, sementara pada saat yang sama menjaga aset kualitas sebagaimana tercermin dalam rasio NPL gross di bawah 4%. Pada akhir 2014, Bank Mandiri bertekad untuk menjadi salah satu bank Top 5 di ASEAN, sedangkan pada tahun 2020 Bank Mandiri mengharapkan untuk menjadi salah satu Top 3 di ASEAN dalam hal kapitalisasi pasar, dan untuk menjadi pemain regional utama.

 

Tiga Bidang Bisnis Bank Mandiri (Bank Terbaik di Indonesia) tahun 2010 -2014

Dalam rangka mewujudkan visi ini, transformasi bisnis Bank Mandiri selama periode 2010-2014 ber fokus pada tiga bidang bisnis berikut:

1. Transaksi Grosir: Bank Mandiri mengkonsolidasikan posisi kepemimpinannya dengan menawarkan solusi transaksi keuangan yang komprehensif dan mengembangkan pendekatan hubungan holistik dalam melayani nasabah korporasi dan komersial di Indonesia.

2. Deposit Retail & Pembayaran: Bank Mandiri bertekad untuk menjadi bank pilihan konsumen di pasar deposito ritel dengan menyediakan pengalaman perbankan yang unik dan unggul.

3. Retail Pembiayaan: Tujuan Bank Mandiri adalah menjadi bank No 1 atau 2 dalam segmen pembiayaan ritel terkemuka di hipotek, pinjaman pribadi, dan pasar kartu kredit, dan dengan menjadi pemain utama di segmen perbankan mikro.

Selain berfokus pada tiga bidang strategis, Bank Mandiri juga memperkuat struktur organisasi dan infrastruktur (cabang, IT, operasi, manajemen risiko) untuk menyediakan solusi layanan yang lebih terintegrasi. Dalam upaya untuk mencapai tujuannya, Bank Mandiri manfaat dari dukungan sumber daya manusia, teknologi, manajemen risiko kehati-hatian, dan tata kelola perusahaan yang baik.

 

Prestasi Bank Mandiri (Bank Terbaik di Indonesia) tahun 2012

Pada kuartal pertama 2012, total ekuitas Bank Mandiri telah mencapai Rp 66,3 triliun untuk menjadi bank pertama di Indonesia untuk memenangkan gelar International Bank sesuai dengan kriteria Arsitektur Perbankan Indonesia. Mandiri adalah lembaga keuangan terbesar di Indonesia dengan aset Rp 546900000000000, pemberi pinjaman terbesar dengan pinjaman sebesar Rp 327200000000000, dan penyimpanan terbesar dengan Rp 403500000000000 dana pihak ketiga. Bank Mandiri mempertahankan kualitas aset yang kuat, sebagai rasio NPL gross dan net berdiri di 2,22% dan 0,51% masing-masing.

Pada kuartal pertama 2012, Bank Mandiri mempekerjakan 28.183 karyawan dan mengoperasikan 1.548 cabang di seluruh Indonesia dan 7 kantor cabang luar negeri / perwakilan kantor / anak perusahaan. Selain itu, Bank Mandiri memiliki jaringan dari 99.765 unit Electronic Data Capture serta saluran elektronik dan komprehensif yang meliputi Mandiri Mobile, Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000. Bank Mandiri juga didukung oleh enam anak perusahaan yang beroperasi di perbankan syariah, pasar modal, pembiayaan konsumen, asuransi jiwa, asuransi umum, serta bank niche fokus di segmen kredit mikro.

Dengan melihat visi dan fokus pengembangan Bank Mandiri pada transformasi bisnis tahap kedua (2010-2014) ini maka dapat dikatakan bahwa slogan “Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja” memberikan peluang yang besar bagi masyarakat Indonesia (dan juga ASEAN) untuk memperoleh manfaat (benefit) dari sebuah lembaga keuangan sangat mengagumkan dan progresif di Indonesia yang bernama: Bank Mandiri.

Demikianlah sejarah dan prestasi yang dicapai oleh Bank Mandiri. Semoga Bank Mandiri menjadi Bank Terbaik di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>