Alexarank ub.ac.id

Jika kita memperhatikan komponen penilaian webometrics, link dari luar (backlink) menjadi salah satu komponen penilaian. Webometrics menggunakan data dari ahreff dan seomajestic untuk mengetahui backlink bagi sebuah situs akademis dalam proses penilaian.

Ada satu perankingan yang perlu juga kita lihat, yaitu oleh alexa.com. Perankingan oleh alexa ini banyak menjadi acuan para praktisi pemasaran online. Nah, bagaimana posisi ub.ac.id menurut alexa? Berdasar data yang saya peroleh langsung dari situs alexa maka dapat diketahui:

Alexa Traffic Rank Reputation
Global Rank 
Indonesia Flag 433
Rank in ID 
Sites Linking In 
 

 

Dari data tersebut, coba kita perhatikan ternyata ranking alexa kita secara nasional pada posisi yang bagus. Sedangkan untuk posisi global sudah bagus juga. Dengan jumlah link yang lumayan banyak. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ranking alexa atau ranking-ranking lainnya. Pagerank ub.ac.id sendiri masih lebih rendah dibanding situs itb.ac.id dan ugm.ac.id, artinya jika kita ingin mendapatkan peringkat internasional ada cara-cara yang bisa dipikirkan bersama, terutama untuk meningkatkan link kerjasama dan juga riset kolaborasi lintas perguruan tinggi baik nasional dan internasional dan menerbitkan jurnal-jurnal bertaraf internasional.

Avatar of Nanang Suryadi

About Nanang Suryadi

Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, mengampu kelas: Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen, Marketing Strategic Planning, Pemasaran Jasa, Marketing Communication, Perilaku Organisasi, dan E-Commerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>