Kilas Balik SEO Konsumen Cerdas

Optimisasi yang saya lakukan untuk artikel Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen sudah terlihat hasilnya, dan membuktikan bahwa apa yang saya lakukan sudah cukup tepat walaupun belum bisa maksimal (dalam mencari backlink terutama). Tapi kontes sudah akan ditutup hari ini. Saya akan berbagi kiat untuk memengkan kontes SEO berdasar pengalaman mengikuti kontes SEO Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen.

Pada beberapa hari terakhir saya mencoba membuat artikel di my.opera.com, dan artikelku Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di my.opera.com/nanangsuryadi bisa langsung masuk halaman utama. Hal tersebut tidak mengherankan, karena blog yang memuat artikelKonsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen ini pagerank-nya 8. Jadi kalau mau bertanding keywords: Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen dalam rangka kontes SEO Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen pastiah akan diprioritaskan oleh google. Walaupun pagerank bukan satu-satunya bobot dalam algoritma pencarian google, tapi ternyata memiliki dampak yang besar jika pageranknya tinggi. Mungkin kita pernah heran kenapa hasil pencarian google sering menampilkan di peringkat dari wikipedia.com, ternyata memang wikipedia pagerank-nya 9. Jadi artikel-artikel dari wikipedia akan diberikan kesempatan istimewa untuk masuk halaman utama pencarian (halaman 1-4). Dalam Kontes Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen terbukti bahwa arikel dari website yang pageranknya tinggi akan diberi kesempatan masuk di halaman utama, akan lebih kuat lagi jika diberi backlink yang berkualitas dari beberapa situs yang memiliki pagerank tinggi juga, terutama dari situs gov dan edu. Jadi teman-teman yang menang dalam beberapa kontes seo kemungkinan besar memiliki backlink yang sangat banyak dari beberapa sumber.

Kontes SEO semacam Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen ini dapat menjadi media berlatih mencari backlink berkualitas. Kalau rajin sebenarnya banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk kita pasangi link yang mengarah ke artikel (blog) kita. Banyak situs-situs social media yang memiliki pagerank tinggi, namun saja mereka akan membuat link kita berupa nofollow. Tapi enggak apa-apa, google tetap akan menghitung juga link yang mengarah ke artikel (blog) kita. Paling enak memang jika kita punya beberapa situs yang sudah memiliki pagerank tinggi, tinggal mengarahkan saja ke artikel yang sudah kita buat. Hanya saja kita harus rajin-rajin update di google webmaster, untuk memasukkan artikel baru yang kita buat. Karena seringkali google agak lambat mengupdate indexnya (1-5 hari) jika tidak diberitahu, apalagi mesin pencari lain seperti yahoo (bing.com).

Avatar of Nanang Suryadi

About Nanang Suryadi

Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, mengampu kelas: Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen, Marketing Strategic Planning, Pemasaran Jasa, Marketing Communication, Perilaku Organisasi, dan E-Commerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>