MENGHITUNG WEBOMETRICS BERDASAR DATA 21 NOV 2012

MENGHITUNG WEBOMETRICS

BERDASAR DATA 21 NOV 2012

Nanang Suryadi, SE, MM ( nanangs@ub.ac.id )

“World Class Entrepreneurial University” itulah yang teringat saat saya menulis artikel ini. Pengumuman peringkat universitas versi webometrics masih tahun depan, mungkin Januari atau Februari. Sambil mencoba membuat artikel tentang “World Class Entrepreneurial University” dalam rangka ulang tahun emas UB saya mengotak-atik data yang tersedia dari beberapa sumber yang menjadi acuan webometrics 2012. Berikut ini hasil yang saya peroleh dengan menggunakan search engine google dan beberapa fasilitas lain yang tersedia gratis di internet. Saya membandingkan antara UB dengan tiga (3) perguruan tinggi yang menduduki peringkat terbaik webometrics di Indonesia, yaitu UGM, UI dan ITB.

PRESENCE (20%).  Jumlah keseluruhan halaman web yang menggunakan domain (serta seluruh subdoman dan direktori) universitas yang terindeks oleh google.com

 

PRESENCE (20%)

UGM

UI

ITB

UB

4.500.000

2.640.000

1.310.000

1.070.000

 

IMPACT (50%). Link dari situs luar yang mengarah ke domain (atau subdomain) universitas.  Data keternampakan link  ini dikumpulkan oleh dua provider yaitu: Majestic SEO and ahrefs.  Penggunaan dua provider ini untuk mengatasi kesenjangan dan memperbaiki kesalahan. Indikator yang digunakan adalah jumlah backlink dan jumlah domain asal yang menjadi backlink, namun bukan hanya link yang populer saja, keberagaman link juga menjadi hal yang penting.

 

IMPACT (50%)

INDIKATOR

UGM

UI

ITB

UB

Majectic SEO

REFFERING DOMAINS

8,979

5,653

8,042

5,037

EXTERNAL BACKLINK

363,400

1,018,103

4,558,267

91,794

AHREFS

Referring pages

1,084,848

286,911

320150

503,809

Total Backlinks

1,346,002

729,166

2,832,652

567,411

OPENNESS (15%). Upaya global yang dirancang oleh insititusi penelitian akan nampak terlihat dalam indikiator ini yang menghitung jumlah rich files (pdf, doc, docx, ppt) yang dipublikasikan pada website khusus yang mengacu pada academic search engine Google Scholar. Hanya  penggunaan nama file  yang benar akan menjadi perhatian (misalnya, file yang menggunakan Adobe Acrobat akan memililki akhiran suffix .pdf).  Publikasi mutakhir antara 2007 hingga yang menjadi perhatian dalam penilaian.

 

OPENNES (15%)

INDIKATOR

UGM

UI

ITB

UB

PDF 21.400 198.000 36.700 73.300
PPT 2.170 2.960 1.030 2.170
DOC 5730 2.860 1.470 30.300
DOCX 601 194 432 3200

 

EXCELLENCE (15%). Tulisan akademik yang diterbitkan di jurnal-jurnal internasional yang memiliki dampak tinggi (high impact international journals) memiliki peran yang penting terhadap peringkat universitas.  Indicator yang digunakan untuk menilai hanya paper yang excellent publications, misalnya paper yang telah dikutip yang termasuk dalam  10% most cited papers dalam scientific fields. Data yang digunakan adalah dari data provider Scimago group

EXCELLENCE (15%)

UGM

UI

ITB

UB

610

846

993

0

 

Avatar of Nanang Suryadi

About Nanang Suryadi

Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, mengampu kelas: Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen, Marketing Strategic Planning, Pemasaran Jasa, Marketing Communication, Perilaku Organisasi, dan E-Commerce.

One thought on “MENGHITUNG WEBOMETRICS BERDASAR DATA 21 NOV 2012

  1. Webometrics memang menjadi pemeringkatan kuantitatif yg masuk akal dari sisi media online.

    Walau ada yg meragukan, namun dari sisi lain dampaknya juga memacu ketertiban administrasi online perguruan tinggi, dan juga yg awalnya pelit ilmu dari file yang ada menjadi semakin terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>